Apa Yang Akan Terjadi Jika Kita Memakan Roti Buluk (Berjamur)

health.com

Roti adalah makanan yang sangat enak. Roti juga dapat digunakan sebagai pengganti nasi, dengan membuat roti selai kacang, roti bakar atau variasi roti lainnya yang dapat dimakan sebagai sarapan di waktu pagi. Bahkan di negara-negara barat seperti di Eropa dan Amerika mereka lebih memilih roti sebagai makanan utamanya.

Sayangnya roti adalah makanan yang tidak dapat bertahan lama. Kalau disimpan dalam waktu yang cukup lama, maka roti akan menjadi “Buluk” atau “Berjamur”. Kalau sudah tumbuh jamur, maka sebaiknya roti tersebut jangan dimakan lagi. Berikut ini adalah kemungkinan yang akan terjadi kalau kita memakan roti yang sudah berjamur (buluk) :

1. Alergi              

Alergi adalah reaksi sistem kekebalan tubuh manusia terhadap benda tertentu yang masuk kedalam tubuh. Kalau benda yang masuk itu dianggap berbahaya oleh tubuh, maka sistem imunisasi akan mengeluarkan benda tersebut, sehingga tubuh akan kembali normal kembali. Tingkat alergi tiap-tiap orang sangat berbeda, bagi seseorang akan terasa alergi, boleh jadi bagi yang lainnya tidak. Dampak dari alergi ini bisa berupa, gatal-gatal atau kulit menjadi kemerah-merahan.

2. Gangguan Pernapasan

Gangguan pernapasan dalam hal ini adalah sesak napas. Gangguan pernapasan ini sebenarnya di sebabkan atau merupakan akibat dari alergi.

3. Mual-mual dan atau Muntah-muntah

Rasa mual-mual yang terkadang disertai dengan muntah-muntah, sebenarnya ini merupakan usaha yang dilakukan oleh tubuh untuk berusaha mengeluarkan racun yang masuk kedalam tubuh. Dengan begitu tubuh akan berada dalam keadaan stabil kembali.

4. Diare

Kalau roti yang dimakan sudah berjamur dan cukup berbahaya, maka tubuh akan mengeluarkan racun tersebut melalui pembuangan air besar secara berulang-ulang.

5. Infeksi

Bagi orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti bagi penderita diabetes yang tidak terkontrol, rentan terhadap infeksi akibat menghirup Rhizopus pada roti. Meskipun jarang, infeksi ini berpotensi mengancam jiwa (Sumber 7Trusted, 8Trusted Source).

Maka sebaiknya hindari untuk memakan roti yang sudah berjamur, karena kita tidak dapat mengetahui jamur apa yang terdapat pada roti yang sudah bulukan (berjamur), dengan hanya melihatnya saja, sebelum dilakukan penelitian lebih lanjut. Jika jamurnya adalah jamur Aflatoxin yaitu penyebab kanker, termasuk jamur yang cukup berbahaya, tetapi pabrik-pabrik di seluruh dunia sudah dimonitor untuk memastikan tingkat aflatoksin tetap dalam batas yang dapat diterima [sumber: USDA]. Namun jika anda secara tidak sengaja sudah memakan roti yang sudah berjamur apalagi jamurnya sangat kecil atau sedikit sekali dan tubuh anda termasuk tubuh dengan sistem kekebalan yang sangat tinggi, dan dalam beberapa jam setelahnya tidak terlihat dampaknya, kemungkinan anda akan baik-baik saja. Hal ini senada dengan Dr Rudolph Bedford seorang gastroenterologis dari Saint Johns Health Center di Santa Monica, California, yang mengatakan, anda akan baik-baik saja sepanjang sistem imun anda juga dalam keadaan baik.

Tinggalkan Balasan