Apakah Anda Ingin Tinggal di Planet Mars ?

wikipedia

Pernahkah anda berfikir untuk hidup dan tinggal di planet mars ? apabila anda berfikir seperti itu, anda adalah orang yang tepat untuk membaca tulisan ini, agar anda tahu, apakah planet mars bisa digunakan sebagai tempat tinggal oleh manusia atau tidak. Bahkan bagi sebagian orang berfikir, apabila suatu hari nanti bumi ini hancur atau tidak bisa ditempati lagi, maka manusia dapat tinggal di planet Mars. Ada juga sebagian orang berfikir untuk melakukan liburan atau jalan-jalan ke planet Mars, tetapi tahukah anda tentang bagaimana kondisi alam yang sebenarnya yang ada di planet mars ?

Planet Mars bersama planet Venus dijuluki sebagai ‘Kembaran Bumi’ karena kondisi geologinya yang mirip dengan Bumi. Di planet mars juga ditemukan adanya air. Ingin tahu, bagaimana sesungguhnya planet mars ini ? Berikut ini adalah gambaran tentang kondisi alam yang terdapat di planet mars.

1. Ukuran Planet Mars lebih kecil dari Bumi

 Besar planet Mars adalah 53% lebih kecil dari Bumi,sedangkan luas bumi adalah 510,1 juta Km2 , dan luas mars: 144,8 juta Km2 . Jarak planet mars dengan bumi adalah 230 juta mill, dan ini merupakan jarak planet yang paling dekat dengan bumi. 

2. Satu Hari di planet mars = 24,6 jam

Waktu di planet mars sangat mirip dengan waktu di bumi, yaitu: 24,6 jam perhari, hanya berbeda 0,6 jam lebih lama bila dibanding dengan 1 hari di bumi.

3. Terdapat sumber air

Berdasarkan penelitian di tahun 2018, para peneliti meyakini adanya sebuah danau yang terdapat dibawah lapisan es kutub selatan planet mars. Penemuan ini dengan menggunkana radar ESA (European Space Agency). Danau ini berada di kedalaman 1,5 km dibawah lapisan es kutub selatan planet tersebut.

4. Planet Mars memiliki 2 bulan

Kalau bumi hanya memiliki 1 bulan, sedangkan planet mars memiliki 2 bulan, yaitu: Phobos dan Deimos yang ditemukan oleh astronom Amerika. Bulan Deimos ditemukan pada tanggal: 12 Agustus 1877 dan Phobos di temukan 6 hari setelahnya. Penelitian ini kemudian dilanjutkan oleh NASA pada tahun 1971.

5. Ada Bongkahan Es

Bongkahan es tersebut berada di kutub planet mars, tapi karena kadar atmosfirnya sangat tipis, maka kemungkinan air dapat mengalir di planet mars sangat kecil sekali. Karena air tidak dapat mengalir, maka air di planet mars ini hanya tersedia dalam bentuk bongkahan es yang solid. Bongkahan es ini membentang seluas 3,2 km.

6. Sulit untuk mendarat di planet mars

Untuk dapat mendarat di planet mars bukanlah perkara yang mudah, bahkan cukup sulit. Sampai saat ini, NASA belum pernah mengirim manusia untuk mendarat di planet mars. Dari sejumkah pengiriman roket ke mars, sebanyak 24 misi gagal mendarat dan hanya17 misi yang berhasil melakukan pendaratan roket di planet mars. Ada juga 2 misi berhasil mengorbit ke mars namun gagal mendaratkan komponennya.

7. Mars memiliki lembah yang paling besar

Planet mars memiiki lembah paling besar di seluruh tata surya, dengan panjang lembah 4.000 km, lebar 200 km serta kedalaman lembah sedalam 7 km, atau 20 kali lebih lebar dari green canyon. Lembah tersebut di beri nama: Valles Marineris.

8. Mars memiliki Gunung Berapi Tertinggi di tata surya

Gunung berapi itu bernama Olympus Mons, nama yang berasal dari tempat bersemayamnya dewi yunani kuno. Gunung berapi ini memiliki luas 600 km dan tinggi 21 km, diperkirakan sudah terbentuk selama milyaran tahun lalu serta memiliki begitu banyak lava vulkanik yang masih aktif.

9. Memiliki badai debu terbesar di tata surya

Planet mars juga dikenal sebagai planet yang memiliki badai debu terbesar di tata surya. Jika badai debu terjadi, akan mengakibatkan seluruh permukaan planet mars akan tertutup selama berbulan-bulan, ini terjadi karena musim ektrim terletak dalam orbit yang berbentuk oval di sekeliling matahari mars yang lebih panjang dibanding planet lainnya. 

10. Banyak gas Co2

Planet mars memiiki gas Co2 yang jauh lebih tinggi dari bumi, sehingga planet mars memiliki atmosfir 61 kali lebih rendah dari bumi, serta mars juga memiliki suhu yang sangat ektrim, yaitu –630 celcius.

Dengan kondisi ini akan membuat manusia sulit untuk tinggal dan hidup disana, kecuali menggunakan alat yang dapat melindungi dari gangguan diatas.

Tinggalkan Balasan